Solo, Alternatif Wisata Selain Jogja

Banyak hal yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih Solo kala Jogja terlalu ramai. Namun, salah satu hal yang paling menarik perihal Solo bagi saya adalah ‘kulinernya’. Selain Jogja, Solo memang punya magnet kuat bagi saya pribadi untuk langsung berangkat main dari Semarang hanya untuk sekadar kulineran. Selain bisa diadu perihal rasa, Solo juga menawarkan adu harga! Saya yakin kalau perihal harga, Solo lebih unggul!

Selain masalah harga, rasanya memang akan sangat hambar sekali saat main atau bahkan menetap di suatu tempat baru tanpa menjajal kuliner lokal atau hidangan khas daerah yang dikunjungi. Makanan unik bin menarik yang kemungkinan hanya bisa ditemukan di daerah yang saya kunjungi ini menjadi super wajib dijajal. Walaupun sudah punya tekad njajan yang kuat, tetap sih saya masih punya alasan lain untuk makin memantapkan pilihan kedai mana saja yang akan dituju haha

Ya, saya seringkali membekali diri dengan referensi super mantap based on google review atau bahkan modal mulut kawan-kawan saya sendiri. Dari menu andalan mana saja yang harus saya coba, sampai dengan berapa banyak duit yang harus saya siapkan ehe jujur saja, seringkali saya kesulitan ngerem jika sudah berkaitan dengan makanan. Sesekali mungkin tidak masalah menurut orang lain, tapi saya sudah terlalu keseringan!

Berikut saya bagi 5 rekomendasi jajanan kaki lima sebagai pemanasan njajan yang bisa dicicip saat mlipir ke Solo:

  • Es Dawet Telasih Bu Dermi

Salah satu es dawet yang unik plus banyak isiannya. Rasa yang tidak terlalu manis berpadu dengan gurihnya santan dan asamnya tape ketan ijo. Satu porsi dikenai harga Rp 10.000, tambah tape ketan ijo jadi Rp 11.000,-

  • Sate Kere Yu Rebi

Sate dengan penampakan tempe gembus. Bumbu sate milik Yu Rebi ini menurut saya sangat unik. Dengan gilasan kacang tanah yang tidak terlalu halus dipade dengan potongan lembut daun jeruk. Sedap sekali! Satu tusuk sate gembus dikenai harga Rp 2000,- Lumayan ya hehe

  • Susu Sapi Murni Shi Jack

Salah satu tempat yang lumayan asik untuk berbincang bersama kawan. Mirip angkringan, namun hanya menyediakan susu dan camilan. Banyak sekali varian menu susu yang ditawarkan, dari yang panas sampai dingin. Untuk harga dibandrol dari Rp 6000-15.000

  • Dimsum Uma Yum Cha

Dimsum ternikmat yang pernah saya cicip. Full isian daging dengan paduan saus yang bikin ketagihan. Untuk masing-masing varian dimsum dikenai harga Rp 3000,- saja.

  • Es Kapal

Sajian es yang super simpel, namun sangat kaya rasa. Campuran es batu yang dihaluskan dengan santan, dinikmati bersama banyak pilihan saus dengan ciri khas tambahan roti tawar sebagai layar kapal haha bukan ya, lebih ke ciri khas gerobaknya yang menyerupai kapal. Minuman ini sangat direkomendasikan untuk dijajal kala kepanasan di jalan. Untuk harga satu gelasnya Rp 6000, tambah roti lagi kena Rp 1000,- hehe

Sedikit saja dulu, ulasan lebih banyaknya saya titipkan pada Google Review heheu besar harapan saya bahwa pembaca akan ngiler dan memiliki keinginan dolan ke Solo 🙂

Tinggalkan komentar